Working Vista Pointer

Pemberian Pupuk Blotong Pada Tanaman Tebu

 Blotong Pabrik Gula Sebagai Pupuk

Hasil sampah dari suatu produk tebu menjadi gula salah satunya adalah blotong. Blotong ini bisa dimanfaatkan menjadi pupuk untuk tanaman tebu namun harus diolah terlebih dahulu dengan bakteri GB#1, untuk tiap 500 kg blotong dengan 1 ltr bakteri GB#1. Penggunaan pupuk blotong, menurut kepentingan dan tujuannya, ada 2 cara :
1.  Blotong  dengan Azola Micropila ditambah bakteri GB#1, fungsinya digunakan untuk meningkatkan Nitrogen (N) dan mempercepat proses tumbuh, dalam masa pertumbuhan tebu awal.
2.      Blotong dengan jelaga ketel uap, ditambah bakteri GB#1 digunakan pada saat menjelang tanaman tebu matang, karena kandungan jelaga pada ketel uap mengandung Silikon (Si), yang berfungsi memperkuat batang dan meningkatkan rendemen gula. 

Suatu kualitas pupuk organik, bukan hanya ditentukan besarnya nilai kandungan NPK, dan unsur micro lainnya, tetapi lebih diutamakan kualitas pupuk organik, mengandung jenis bakteri yang bisa memfiksasi N dan bakteri perombak atau dekomposer, sehingga walau pupuk organik kandungan NPK, dan unsur kandungannya rendah, tetapi dengan adanya bakteri-bakteri tersebut, maka dapat dipenuhi kebutuhan NPK, karena adanya bakteri fiksasi N. Sehingga dalam struktur tanah kaya akan Nitrogen (N) dan tanah akan menjadi gembur akibat adanya bakter-bakteri yang menguntungkan yg terdapat didalam bakteri GB#1
.
         Kualitas pupuk yang diproses dengan bakteri GB#1 dalam proses fermentasi, menimbulkan panas dari dalam mencapai suhu 70-80 derajat celcius. Hal ini akan terlihat pada hari ke-3 sd ke-5 dan akibat adanya kenaikan suhu sampai 80 derajat dalam proses fermentasi, menyebabkan biji-biji gulma dan bakteri serta virus yg merugikan akan mati. Hal ini menjadikan pupuk blotong mempunyai nilai kualitas tinggi.   

               Proses fermentasi yg terjadi pada pembuatan pupuk blotong, memerlukan waktu paling banyak 8 hari dan sudah siap digunakan. Keuntungan yang diperoleh, bakteri-bakteri yg menguntungkan pada pupuk blotong yg sudah difermentasi dengan bakteri GB#1, bakterinya akan terus berkembang dalam tanah, sehingga meningkatkan kualitas tanah menjadi lebih baik yg kaya akan unsur hara.
Category:
Reaksi: 

0 komentar:

Poskan Komentar